Kelambu merupakan perlengkapan tidur yang akan memberikan kenyamanan bagi bayi dengan melindunginya dari gigitan nyamuk. Ada banyak model kelambu bayi yang tersedia dan bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Anda tetap harus menjaga kebersihan kelambu agar tidak membuat bayi Anda terkena debu dan juga kotoran. Berikut cara mencuci kelambu yang aman.

  1. Melepas Besi Kelambu

Apapun jenis kelambu yang Anda miliki baik kelambu untuk box, ayunan, gantungan, atau kelambu tudung cara langkah pertamanya sama. Anda melepaskan besi yang ada pada kelambu secara perlahan agar pencucian kelambu lebih mudah untuk dilakukan. Letakkan besi di tempat yang aman dan tidak terkena air agar tidak menimbulkan karatan.

  1. Rendam Kelambu

Cara merendam kelambu yang harus Anda terapkan adalah dengan menggunakan air hangat dan menggunakan sabun yang aman. Sebaiknya Anda menggunakan sabun yang disediakan khusus untuk bayi agar tidak menimbulkan alergi pada bayi nantinya.

Anda bisa menggunakan sabun yang juga digunakan saat mencuci baju bayi Anda. Anda bisa mendapatkan sabun khusus bayi di toko online orami.com yang menjual perlengkapan bayi. Berhubung ada Jakarta great online sale 2018 yang akan segera diadakan Anda bisa berbelanja perlengkapan bayi di sana dengan potongan harganya.

Rendam kelambu maksimal selama 30 menit saja. Setelah direndam jangan boros, kelambu cukup Anda kucek-kucek untuk menghilangkan kotorannya. Lakukan secara perlahan-lahan agar tidak merusak bagian-bagian kelambu bayi Anda.

  1. Pakai Mesin Cuci dengan Aman

Jika Anda ingin mencuci kelambu dengan menggunakan mesin cuci maka atur lah dengan menggunakan mode soft atau handwash. Tujuannya agar serta kelambu tidak terlepas atau kelambu menjadi rusak karena penggilingan yang terlalu keras. Sebaiknya jika menggunakan mesin cuci, kelambu jangan dicampurkan dengan kain yang berbahan lebih keras.

  1. Keringkan dengan Digantung

Anda harus mengeringkan kelambu dengan optimal jangan sampai lembap atau malah menjadi rusak ketika dijemur. Jika Anda menggunakan mesin cuci maka Anda tidak perlu menggunakan mesin cuci untuk mengeringkannya. Cukup Anda keluarkan setelah dibilas dan mengibarkannya agar butir-butir airnya hilang.

Bagi yang mencuci kelambu dengan menggunakan tangan pastikan Anda membilas dan memeras kelambu dengan lembut. Setelah selesai gantungkan kelambu dengan menggunakan hanger agar lebih cepat kering. Anda bisa menjemurnya tanpa perlu meletakkan langsung di bawah sinar matahari.

Setelah kelambu bayi Anda kering, segera pasangkan kembali besi yang telah dibuka. Tujuannya agar kelambu tidak rusak dan besi yang digunakan pada kelambu juga tidak tercecer. Pastikan sudah benar-benar kering sebelum menggunakannya kembali.

Bersihkan kelambu secara rutin bersamaan dengan tidur bayi mengingat bayi masih rentan terhadap berbagai macam penyakit. Jika memungkinkan sediakan dua buah kelambu agar bisa menggunakannya secara bergantian. Anda harus memperhatikan kondisi kelambu jika sudah mulai rusak jangan dipakai agar tidak membahayakan bayi Anda karena dapat menghimpitnya.